Welcome to FRAI Consultant

Dalam suatu perusahaan atau organisasi, Perencanaan Strategis dalam bentuk Rencana Jangka Panjang Perusahaan, riset dan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan kegiatan terpenting dalam menentukan kemajuan dan keberhasilan serta pencapaian sasaran suatu perusahaan. Oleh karena itu, penyusunan rencana strategis, riset dan pelatihan terhadap peningkatan kualitas SDM secara terencana dan berkesinambungan tidaklah dapat diabaikan dan merupakan suatu kewajiban untuk menghadapi persaingan global.

Berkaitan dengan hal di atas, kami akan mendampingi perusahaan Anda dengan Program Penyusunan Rencana Strategis, Riset, In-House Training dan Workshop dalam bidang Strategic Business dan Marketing yang sudah kami kemas dalam bentuk Business Blue Print, yaitu:

  • Marketing Research
  • Feasibility Study
  • Business Plan (Rencana Jangka Panjang Perusahaan/RJPP)
  • Strategic Marketing (Segmentation, Targeting and Positioning)
  • Marketing Audit
  • Creative Effective Marketing Plan
  • Creative Promotion Strategy and Key Performance Indicators
  • Forecasting and Marketing Budget
  • Measuring Employee and Customer Satisfaction
  • Customer Loyalty and Action Plan
  • Measuring Marketing Program Effectiveness
  • Measuring Promotion Program Effectiveness
  • Brand Development
  • Professional Selling Skills
  • SWOT Analysis & Balanced Scorecard Implementation
  • Key Performance Indicators (KPI)
  • Performance Evaluation and Annual Action Programmes

Topik tersebut di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk mempertahankan, mengembangkan Rencana Strategis Perusahaan anda. Topik tersebut dapat dilaksanakan baik berupa Riset maupun In-House Training dan Workshop,  serta jadwal yang fleksibel sesuai kebutuhan yang ada. Metode Riset,  In-House Training dan Workshop yang disampaikan tidak hanya meliputi teori – teori, tetapi disertai juga contoh – contoh yang relevan dalam bentuk best practice  “ Case Study “

Untuk memperoleh informasi lebih detail silakan kontak di WA 081 888 2451 atau frangkuti@yahoo.com (fast response)

Best Seller: Keajaiban Teknik Selling Rasulullah karya

Satu lagi karya best seller Dr. Freddy Rangkuti (Pakar Strategi Bisnis dan Marketing Indonesia), penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Melakukan kegiatan penjualan (selling) merupakan salah satu strategi yang sangat penting dalam marketing. Namun apakah cara kita berjualan sudah baik dan benar? Apakah niat kita berbisnis semata-mata untuk mencari keuntungan duniawi? Selling yang dilakukan tanpa pertimbangan etika bisnis islami, tanpa keberkahan dari Allah Swt., yang penting uang berlimpah dengan menghalalkan segala cara, hanya akan menghasilkan penderitaan, penyesalan, dan bahkan kebangkrutan.

Seribu empat ratus tahun yang lalu, Rasulullah telah mempraktikkan cara berbisnis yang sehat. Rasulullah adalah pebisnis ulung yang sukses dan selalu memegang amanah dengan gelar Al-Amin (dapat dipercaya) juga As-Siddiqh (pebisnis yang jujur). Beliau sangat cerdas (fathonah) dengan ide-ide inovatif dan kreatifnya, serta pandai mempromosikan usahanya (tabligh).

Teknik selling islami yang sudah terbukti dapat diterapkan tersebut bisa Anda pelajari dalam buku ini.
Beberapa di antaranya:
– Rahasia meningkatkan penjualan dan memperoleh kekayaan
– Menggunakan teknik marketing dalam penjualan
– Prinsip selling Rasulullah yang tidak pernah rugi
– Rahasia membuka pintu rezeki
– Menyusun action plan menggunakan cara kerja pengungkit

Cara menjual yang baik akan melahirkan budaya bisnis yang memiliki akhlaqul karimah, selalu memberikan kemaslahatan serta terhindar dari kemudaratan, sebagaimana sabda Rasulullah saw.:

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberikan manfaat kepada orang lain.” (HR. Bukhari)

Best Seller: Studi Kelayakan Bisnis dan Investasi

Satu lagi hasil karya Dr. Freddy Rangkuti (Pakar Strategi Bisnis dan Marketing Indonesia) yaitu Studi Kelayakan Bisnis dan Investasi, penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Investor memerlukan analisis kelayakan bisnis untuk mengetahui secara tepat manfaat ekonomis suatu investasi atau untuk memastikan tingkat pengembalian yang sesuai dengan besarnya modal yang dikeluarkan serta risiko yang dihadapi–baik risiko internal seperti kesalahan dalam perencanaan, memperkirakan permintaan, dan memperkirakan kebutuhan tenaga kerja, maupun risiko eksternal seperti perubahan nilai tukar, tingkat inflasi, dan perubahan daya beli. Dengan analisis itu pula investor dapat mengetahui manfaat sosial suatu investasi, misalnya penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan sumber daya alam, penghematan devisa, pengentasan kemiskinan, dan peningkatan kesejahteraan.

Dalam buku ini kita dapat mempelajari tahap demi tahap analisis kelayakan suatu rencana bisnis secara komprehesif, mulai dari proses analisis kelayakan bisnis, cara menghitung kebutuhan dana investasi, konsep nilai waktu, uang, dan laporan arus kas, hingga cara mengetahui apakah bisnis itu menguntungkan secara material maupun nonmaterial. Di sini kita juga dapat mengkaji kasus proyek investasi dalam rangka mengembangkan atau membangun bisnis baru. Analisis dilakukan menggunakan metode analisis kelayakan investasi, seperti analisis NPV, IRR, Pay Back Period, Break Even, dan BCR.

 

Workshop Strategi Promosi yang Kreatif, Batch 6

Workshop STRATEGI PROMOSI YANG KREATIF Batch 6

Peserta yang mengikuti workshop ini terdiri dari berbagai jenis industri yaitu: PT. International Chemical Industry yang terkenal dengan produk baterai ABC, PT. Ciro Dental Clinic jasa kesehatan, PT. Magna Sardo distributor peralatan lab, PT. SGS Indonesia lembaga pemberi sertifikasi internasional, PT. Astra Otoparts dengan produknya yang terkenal AKI GS Astra dan Outlet Shop & Drive, Patra Anyer Beach Resort jaringan hotel Patra, Bank Sulawesi Selatan, PT. Actavis Indonesia produsen obat-obatan OTC, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia salah satu publisher terbesar di Indonesia, serta dari Fakultas Ekonomi Universitas Parahiyangan Bandung.

Workshop ini dibuka oleh Ibu Ir. Siti Haniah pimpinan Global Media dan dilanjutkan dengan acara contact business, agar peserta saling kenal. Selanjutnya Bp. Dr. Freddy Rangkuti memimpin workshop selama dua hari dengan materi:

  1. Melakukan riset promosi untuk  meningkatkan penjualan menggunakan SPSS
  2. Mengukur efektivitas program promosi menggunakan Key Performance Indicators
  3. Menganalisis persepsi konsumen terhadap produk/program/jasa yang diberikan
  4. Mengetahui perubahan perilaku konsumen
  5. Melakukan survei, data entry, data processing, serta analisis menggunakan SPSS secara mudah dan cepat.
  6. Menyusun strategi push & pull promosi yang kreatif
  7. Menyusun strategi customer retention
  8. Menyusun program promosi consumer promotion dan trade promotion

 

Pelatihan ini juga didesain secara praktis dengan menggunakan studi kasus dengan data riil, mulai dari melakukan riset promosi, mengukur efektivitas program promosi yang telah dilakukan sampai cara menyusun program promosi yang kreatif untuk consumer promotion & trade promotion.

In-House Training Marketing Research & Intelligence

IN-HOUSE TRANING Marketing Research & Market Intelligence untuk PT. SEMEN BOSOWA MAROS DI BALI

Dr. Freddy Rangkuti pakar strategi bisnis dan marketing Indonesia memberikan In-House Training untuk PT. Semen Bosowa Maros di Denpasar Bali. Workshop ini berlangsung di Hotel Santika dengan diikuti oleh CEO, CMO, CFO, Korwil dari seluruh Indonesia, Head Dev. Sales Wilayah, Markom, Event & Promotion.

Pelatihan Balanced Scorecard untuk Sektor Publik di LAN

Dr. Freddy Rangkuti, Pakar strategi bisnis dan marketing Indonesia, memberikan Pelatihan Balanced Scorecard untuk sektor publik yang berlangsung di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jatinangor Bandung, Pelatihan ini diikuti oleh para pejabat yang telah dan akan menduduki jabatan struktural eselon II  yang berasal dari Instansi Pusat, Pemerintah Propinsi, Kota dan Kabupaten dari seluruh Indonesia.

New Book: Strategi Semut Melawan Gajah

Satu lagi karya Dr. Freddy Rangkuti (Pakar Strategi Bisnis dan Marketing Indonesia): Strategi Semut Melawan Gajah, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Brand merupakan nama dengan seperangkat asosiasi dan manfaat yang melekat di benak konsumen. Nama tersebut bisa berupa nama produk/jasa, nama perusahaan, bahkan nama individu. Beberapa nama individu sudah menjadi brand internasional, bahkan ada juga yang dipakai sebagai nama produk. Dalam lingkungan bisnis sudah sering kita dengar nama CEO yang memiliki kaitan erat dengan produk atau perusahaannya, seperti Bill Gates dengan Microsoft, Michael Dell dengan Dell Computer, William Hilton dengan jaringan Hotel Hilton, Soichiro Honda dengan Honda, dan Sosrodjojo dengan Teh Botol Sosro. Nama perusahaan dan pemiliknya tersebut sama-sama masyhur.

Buku ini menganalisis proses penciptaan personal brand, apa yang melandasi pembentukan personal brand tersebut, dan bagaimana kita dapat memperoleh personal brand sesuai yang kita inginkan sehingga kita dapat menjual diri kita/produk/korporasi dengan posisi tawar lebih tinggi. Di sini Anda akan mengetahui rahasia personal brand sebagaimana fenomena Jokowi dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta serta brand perusahaan kecil yang pada awalnya tidak terkenal bisa bangkit dari kubangan masalah lalu tumbuh, mengalahkan para “raksasa”. Banyak perusahaan raksasa saat ini sebenarnya pada awalnya adalah perusahaan kecil yang menghadapi masalah yang sama dalam persaingan. Simak juga kunci keberhasilan mereka dalam buku ini.

 

Seminar Personal Branding di Jayapura

Seminar Personal Branding “Low Cost High Impact di Jayapura, Papua mendapat sambutan yang sangat meriah dari para peserta. Kota Jayapura merupakan salah satu kota yang paling indah di Indonesia, layaknya “sepotong taman surga”, demikian kata Dr. Freddy Rangkuti dalam pembukaan seminar. Luar biasa, sambutan peserta yang berjumlah lebih dari seratusan ini terus mengajukan pertanyaan sampai acara distop karena sudah melewati waktu yang dijadwalkan. Acara ini mendapat banyak dukungan sponsor antara lain, RRI Pro 4, Garuda Indonesia, Gramedia Toko Buku, Gramedia Pustaka Utama, Koran Bintang Papua, Majalah DUIT, Global Media EO, Papua Printing, Media Vation EO, serta Hotel Yasmin.

Peserta yang hadir dalam seminar ini terdiri dari berbagai kalangan yaitu: Para profesional, para pengusaha, para politisi, mahasiswa, dosen, pejabat pemerintah, pejabat Bank Papua, serta masyarakat papua yang tertarik dengan masalah personal branding. Acara ini sendiri dilaksanakan atas kerjasama Direktur Global Media (Ibu Ir. Hani) dan Direktur Media Vation (Bp Muhlis Muin dan Bp. Syurianto).Sedangkan moderator dipandu oleh Bp Allan dari RRI Pro 4.

Materi yang dibahas adalah:

1. Bagaimana membangun, memperkuat dan mempertahankan citra diri yang positif

2. Cara sukses membangun personal branding

3.Strategi mengkomunikasikan personal branding

4. Membuat efek maksimal dengan budget terbatas

5. Cara menggunakan teknik viral marketing dan strategi posisioning yang tepat

6. Strategi membuat Unique Selling Proposition (USP) yang tepat

2 Day Workshop Mengukur Kepuasan Pelanggan di Hotel Hyatt, Surabaya

Workshop mengukur kepuasan karyawan dan pelanggan telah berlangsung selama dua hari, bertempat di Hotel Hyatt Surabaya. Workshop ini dipimpin langsung oleh Dr. Freddy Rangkuti, dengan peserta dari berbagai industri yaitu: Semen Gresik, Bank Jatim, BPR Bank Daerah Lamongan, English First, Kharisma Indo Agro Universal, Universitas Putra Indonesia Padang, Rumah Sakit Dr. Soetomo, Terminal Peti Kemas Surabaya.

Kegiatan pelaksanan workshop ini diselenggarakan oleh Pro-M Surabaya. Selama dua hari full days dari pagi sampai sore peserta dilatih mulai dari cara menentukan indikator – indikator kepuasan karyawan, cara mengolah data menggunakan SPSS sampai cara membuat strategi dan program untuk meningkatkan kepuasan karyawan dan pelanggan. Selengkapnya materi yang diberikan dalam workshop ini adalah:

1. Cara mengukur kepuasan karyawan dan pelanggan

a. Survei karyawan dan pelanggan

b. Prinsip value profit chain

c. Metodologi dan cara pengukuran

2. Tahapan dalam melakukan pengukuran kepuasan karyawan dan pelanggan

a. Memaksimalkan response rate

b. Cara melakukan pengukuran kepuasan karyawan

c. Cara melakukan pengukuran kepuasan pelanggan

3. Hubungan antara kepuasan karyawan dan pelanggan

a. Analisis kepuasan karyawan

b. Analisis kepuasan pelanggan

c. Pengukuran kepuasan karyawan dan pelanggan menggunakan berbagai metode seperti, Balanced Scorecard, Matrix Importance – Performance dan Multiregression.

4. Cara meningkatkan kepuasan karyawan dan pelanggan menjadi karyawan dan pelanggan loyal

a. Cara membuat strategi peningkatan kepuasan dan loyalitas karyawan

b. Cara membuat strategi peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan

c. Cara membuat program peningkatan kepuasan dan loyalitas karyawan

d. Cara membuat program peningkatan kepuasan dan loyalitas pelanggan

Manfaat yang diperoleh peserta setelah mengikuti pelatihan ini adalah:

1. Peserta dapat memahami secara jelas cara pengukuran kepuasan karyawan dan pelanggan dalam menyusun program action.

2. Peserta dapat mengelola kepuasan karyawan dan pelanggan dengan fokus pada target market dan kualitas SDM

3. Peserta dapat menguasai teknik – teknik pengukuran kepuasan dan membuat program untuk meningkatkan level kepuasan menjadi loyalitas.

4. Dapat dipakai sebagai blue print untuk meningkatkan program kepuasan dan loyalitas pelanggan.

2 Day Workshop Strategi Jitu Mengelola Keuangan dan Akuntansi Rumah Sakit di JCC Jakarta

Workshop Strategi Jitu Mengelola Keuangan dan Akuntansi RS yang Efektif di JCC

Kembali Dr. Freddy Rangkuti memberikan workshop mengenai Rumah Sakit. Workshop ini mengulang sukses dari workshop yang diadakan sebelumnya bekerjasama dengan Persi, yaitu” workshop Business Plan” yang dihadiri oleh lebih dari seratus direktur rumah sakit seluruh indonesia. Kali ini workshop yang digelar berjudul,  “Strategi jitu mengelola keuangan dan akuntansi rumah sakit yang efektif”. Workshop ini diselenggarakan selama dua hari, bertempat di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta. Fasilitator workshop adalah  Dr. Freddy Rangkuti dan HM. Hasbi Saleh SE, Ak. MM. Mengingat Workshop ini dibatasi maksimum 50 orang, terpaksa panitia menolak banyak peserta lain yang berminat untuk mengikuti workshop ini. Bagi rumah sakit yang ingin mengirimkan pesertanya untuk diadakan kembali workshop ini, dapat mengubungi Persi atau Manager FRAI Consulting, Ibu Hani di 0818882451.

Materi yang diberikan dalam workshop ini adalah:

Hari Pertama:

1. Cara menyusun strategi key financial rumah sakit

2. Cara mengukur pricing behavior rumah sakit

3. Cara mengukur financial performance rumah sakit

4. Case study: Strategi mengelola keuangan untuk pengambilan keputusan peningkatan dan pengembangan rumah sakit yang efektif.

Hari Kedua:

1. Cara mengukur dan meningkatkan hospital managerial accounting

2. Strategi memilih metode cost accounting rumah sakit yang tepat

3. Cara menyusun strategi untuk pengambilan keputusan financial accounting rumah sakit

4. Case Study: Strategi evaluasi dan mengelola akuntansi rumah sakit yang efektif.

Peserta yang mengikuti workshop ini adalah:

1. Prima Medika Hospital

2. RS. Global Medika Tangerang

3. RS. Panti Nugroho, Yogyakarta

4. RS. Panti Nirmala, Malang

5. RS. Risa Sentra Medika, Lombok

6. RS. Kasih Ibu, Bali

7. RSUD Tugurejo, Semarang

8. RS. Dharma Kerti, Tabanan Bali

9. RS. Elisabeth, Bekasi

!0. RS. Lavalette, Malang

11. RS Awal Bros, Pekan Baru

12. RSUP DR. Sardjito, Yogyakarta

13. RS. Islam Jakarta, Pondok Kopi

14. RS. Semen Padang

15. RS. Otorita Batam

16. RS. Puri Indah

17. Eka Hospital

18. RS. Immanuel

19. RS. Al Islam, Bandung

20. RS. Al Huda

21. RS. Harum, Kalimalang, Jakarta

22. RS. Wawa Husada, Malang

23. RS. Darmo

24. RSUD Pandan Arang, Boyolali

25. RSU Manuaba

26. RSUD Dr. Sutomo, Surabaya

27. RSUD Pasar Rebo

28. RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

29. Hospital Cinera, Depok

30. RSUD Sekayu, Palembang

31. RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta

32. RSUD Arifin Achmad, Riau

33. RS Haji Jakarta

34. RS Muhammadiyah Palembang

35. RS Pertamina Prabumulih, Palembang

36. RS Mata Undaan

37. RS Ibnu Sina Makasar

38. RS Hasan Sadikin, Bandung

39. RS. Pringsewu

40. RSIA Jati Sampurna

41. RSUD Kota Bekasi

42. RS Islam ASy-Syifaa

43. RSIAH Jatinegara

44. RS Jakarta

45. RS. Medika Cikarang Bekasi

46. RSUD Pringsewu Lampung

47. RS Immanuel

48. RS. Duren Sawit, Jakarta

49. Lembaga Advokasi Kedokteran Indonesia

50. RSIA Hermina Podomoro, Jakarta

51. STIKES Medika, Cikarang

52. RS Panti Rapih, Yogyakarta

53. RS Islam Jakarta Sukapura

2 Day Workshop Hospitality & Budaya Marketing di Grand Cempaka Hotel Jakarta

Workshop Hospitality & Budaya Marketing di Grand Cempaka Hotel

Keberhasilan suatu bisnis hospitality sangat tergantung pada tiga hal penting yaitu (1) Operation Excellence (2) Customer & Service Excellence, serta (3) Corporate effectiveness. Ketiga faktor ini harus selalu dipantau dan diukur tingkat keberhasilannya dalam bentuk Key Performance Indicators. Selama dua hari, Dr. Freddy Rangkuti memberikan workshop untuk PT. Jakarta Tourisindo yang membawahi bisnis perhotelan Grand Cempaka Hotel, Grand Jaya Raya Resort Hotel,  C’One Hotel, Apartemen, Club House RCC, Travel serta pengembagan usaha ke arah bisnis perhotelan lainnya di Jakarta.

Materi yang disampaikan meliputi:

1. Mengukur tujuan strategic bisnis perhotelan PT. Jakarta Tourisindo (a) Progresss on implementation of key strategies, (b) Memantau hasil implementasi program yang sudah dijalankan.

2. Mengukur kualitas produk dan jasa yang diberikan: (a) Institutions performance indicators, (b) Customer satisfaction, (c) Research performance indicators, (d) Employee satisfaction

3. Mengukur perubahan perilaku konsumen dalam bisnis perhotelan

4. Kiat dan strategi melalukan promosi untuk meningkatkan pelanggan

5. Melakukan tindakan – tindakan yang berorientasi pada pelayanan (customer services), serta target, sehingga pencapaian program – program yang sudah ditetapkan PT. Jakarta Tourisindo dapat tercapai melalui peningkatan budaya marketing di semua lini.

2 Day In-House Training Pengembangan Industri Mebel Kerjasama dengan Bank Indonesia

In-House Training Pengembangan Industri Mebel Kerjasama dengan Bank Indonesia.

Dr. Freddy Rangkuti bekerjasama dengan Bank Indonesia, dan Koperasi Industri Kayu dan Mebel memberikan pelatihan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil  dan Menengah (UMKM), melalui pendekatan kluster pada kluster Mebel Kayu di Jakarta Timur, DKI Jakarta. Acara pelatihan selama dua hari ini dilaksanakan di Gedung Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Jakarta (LPMJ) dan dihadiri oleh 43 pengusaha industri permebelan. Hari pertama peserta dibekali dengan berbagai pengarahan dari: Bp. Hendarmino, Analis Bank Muda Senior, Bank Indonesia; Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (ASMINDO) Bp. Ir. Hartono; Ketua Koperasi Industri Kayu dan Mebel (KIKM) Bp. Ade Firman; Kepala Suku Dinas Perindag Kotamadya Jakarta Timur Bp. Drs. Didi Marhadi, MM; Majalah Idea, Ibu Reni Rohmawati mengenai trend furniture. Kegiatan ini merupakan pilot project dari Bank Indonesia terhadap Koperasi yang menjadi binaan Bank Indonesia dan merupakan program yang pertama kali digulirkan oleh BI terhadap Koperasi Industri Kayu dan Mebel (KIKM) di Indonesia.

Acara ini berlangsung dengan sukses berkat dukungan dari Manajer FRAI Consulting Ibu Ir. Siti Haniah dan Tim BI, Bp. Akhmad Jaeroni, Ibu Neksi, dan Ibu Ety.

Pelatihan yang diberikan oleh Dr. Freddy Rangkuti, meliputi: (1) Motivasi Usaha, (2) Analisis Pelanggan, (3) Analisis Pesaing (4) Analisis Kepuasan pelanggan, (5) Menyusun Strategi Pemasaran, (6) Menyusun Rencana Pemasaran dengan ide – ide kreatif menggunakan virus marketing.

Bagi yang tertarik untuk menyelenggarakan workshop seperti ini silakakan hubungi Ibu Hani di 081 888 2451

2 Day Workshop Hospital Marketing di RS Islam Cempaka Putih

WORKSHOP Hospital Marketing di RS Islam Cempaka Putih

Workshop mengenai HOSPITAL MARKETING di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih telah berlangsung dengan sukses selama dua hari. Setelah dibuka secara resmi oleh Direktur Utama RSIJ Cempaka Putih yaitu Bapak Dr. H. Jusuf Saleh Bazed, SpU, workshop langsung digelar dan dipimpin langsung oleh Dr. Freddy Rangkuti MSc sebagai workshop leader. Tujuan workshop Hospital Marketing ini adalah menjadikan setiap orang di RSIJ Cempaka Putih memiliki budaya pemasaran dan menjadi pemasar. Hasil dari budaya pemasaran akan tercermin dari perilaku yang melayani pelanggan dengan sepenuh hati, bekerja untuk ibadah, sehingga keharmonisan antar bagian menjadi terjaga serta saling berlomba untuk memberikan yang terbaik buat kemajuan RSIJ.

Peserta yang hadir dalam workshop ini berasal dari hampir seluruh unit di dalam lingkungan RSIJ mulai dari Asdir Bidang Med & Profesi Kes lain, Asdir Bid. Keperawatan, Manajer Raudhah, Manajer Rawat Jalan, Manajar Rawat Inap, Manajer Pelayanan Khusus, Manajer Farmasi, Manajer Gizi, Manajer Pemeliharaan & Kesling, Manajer Logistik, Manajer Yanum & Perkantoran, Manajer Akuntansi, Manajer SDM, Manajer Lab, Manajer Rekam Medik, Manajer Pemasaran, Manajer Binroh, Kelapa – kepala unit seperti SPI, Komunikasi Korporat, SIRS, Pengembangan Organisasi, serta seluruh Kepala Seksi seperti Pelayanan Klinik Raudhah, Poliklinik & Binkesmas, Pembinaan Agama, Rawat inap 1 sampai 4, Pelayanan Farmasi, Pelayanan Gizi, Pelayanan Umum, Administrasi Pasien, Manajemen Perkantoran, Pelanggan & Pengl Berkas, Pelayanan Pelanggan, Pengembangan Pasar, Pemeliharaan Pelanggan, Survei Data & Pemas Khusus, Pemas Perusahaan Asuransi serta Pengembangan Mutu & Produk.

Selama dua hari workshop peserta dibekali dengan materi cara membuat strategi, cara mengukur kepuasan pelanggan, cara mengukur Key performance Indicators, target, sampai menyusun program atau action plan. Tujuannya adalah untuk menjadi pedoman dan indikator yang memudahkan penilaian mutu pelayanan Rumah Sakit dari sisi konsumen. Sehingga manajemen Rumah Sakit dapat mengambil keputusan secara cepat dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien. Secara keseluruhan terdapat 8 dimensi pelayanan dengan 52 indikator pelayanan, mulai dari pelayanan admisi, dokter, perawat, makanan, obat-obatan, lingkungan Rumah Sakit, Fasilitas Ruang Perawatan, Palyanan ke Luar serta indikator – indikator ketidak puasan pelanggan seperti Sikap dan Perilaku Petugas Rumah Sakit, serta berbagai indikator Variabel Non Medik lainnya.

2 Day In-House Training Mengukur KPI untuk PT. SINAR MAS TBK

In-House Training Mengukur Key Performance Indicators di SINAR MAS, PT. SMART TBK

Dr. Freddy Rangkuti memberikan In-House Training selama dua, mengenai: Cara Mengukur Key Performance Indicators khusus untuk PT.SMART Tbk. Bertempat di learning center PT. SMART Tbk, Gedung ITC Mangga Dua lantai 10, manager – manager marketing, sales, product development,  keuangan dan accounting dilatih mulai dari cara membuat strategi, menyusun key performance indicators, target, sampai cara mengukur key performance indicators dengan metode yang benar dan tepat. Mengukur key performance indicators merupakan kegiatan yang sangat penting untuk evaluasi tingkat keberhasilan program – program atau kegiatan yang sudah kita laksanakan. Berdasarkan hasil pengukuran inilah kita dapat mengetahui efektivitas dan efisiensi suatu kegiatan. Hasil akhir yang akan diperoleh adalah high profit dengan cost yang semakin efisien.

2 Day Workshop Strategi Promosi yang Kreatif

Workshop Strategi Promosi yang Kreatif telah berlangsung dengan sukses di gelar di Hotel Aston Atrium Jakarta. Workshop yang diadakan selama full days dua hari ini dihadiri oleh peserta dari berbagai perusahaan yaitu:

PT. Super Progress Group, PT. Arseta Prima Perdana, PT. Widatra Bhakti, PT. Sarana Karya Megah, PT. Selaras Maju (Cibubur Juction), PT. Bank Mandiri Tbk, PT. Gramedia Pustaka Utama, serta Universitas Tarumanegara.

Nama – nama peserta yang hadir dalam workshop ini adalah:

Soni Agung Witjaksono, Wiwik Widayati, Moc. Rudy Riajanto, Elsa Laela Dewi, Fransiska R. Kosasih, IB. Fivangga Arika, Raymond Valention Kaslim, Sumartini Puspa Dewi, Suherman.