Seminar Nasional SMART Membaca Jaman di Universitas Maranatha

Smart Membaca Jaman di Universitas Maranatha

Seminar Nasional SMART MEMBACA JAMAN oleh Dr. Freddy Rangkuti dihadiri sekitar 300 peserta di Universitas Kristen Maranatha Bandung. Materi yang disampaikan adalah mengenai kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi di masa yang akan datang akibat adanya kecenderungan perubahan yang terjadi saat ini. Untuk mengatasi adanya perubahan tersebut terutama akibat adanya perubahan selera konsumen, perubahan teknologi, perubahan model bisnis serta berbagai perubahan lingkungan bisnis lainnya diperlukan adalah terobosa strategi baru dalam bidang marketing.

Menurut Freddy Rangkuti, para pelaku bisnis di Indonesia saat ini tidak akan dapat bersaing dengan pemain global apabila tidak melakukan tindakan – tindakan yang kreatif dan inovatif. Pelaku bisnis di Indonesia akan tetap seperti saat ini yaitu:

1. Tidak memiliki merek global

2. Kalah bersaing dengan produk dari China, Thailand, Vietnam, Malaysia serta negara tetangga lainnya.

3. Sibuk bertengkar mengatasi masalah internal akibat konflik dengan para buruh

4. Para pemimpin pemerintahan sibuk mencalonkan diri jadi calon presiden

5. Para pelaku bisnis yang memiliki kesempatan korupsi dan nepothisme sibuk mencari terobosan agar dapat meningkatkan keahliannya dalam melakukan korupsi.

Untuk menjadi market leader dalam bisnis yang dapat berperan di pasar global diperlukan strategi dan tips marketing non tradisional seperti merubah paradigma lama menjadi paradigma baru yaitu dari hard selling menjadi soft selling, dari attention menjadi engagement, dari vertikal marketing menjadi viral marketing, dari berfikir linear menjadi berfikir eksponensial, dari bekerja sendiri menjadi bekerja secara partnership, dari bermental pragmantis menjadi bermental idealis, dari berfikir jangka pendek menjadi berfikir jangka panjang, dari bekerja untuk kepentingan pribadi menjadi bekerja untuk kepentingan yang lebih luas, dari melakukan kegiatan sosial untuk publisitas menjadi melakukan kegiatan sosial, dengan niat melakukan kegiatan sosial untuk membantu Saudara kita yang kesulitan. Akhirnya seminar ini ditutup dengan tips melakukan kegiatan marketing yang kreatif yaitu: “Ketimbang membanjiri customer dengan biaya iklan yang mahal, lebih baik fokus pada pesan yang tepat untuk orang yang sesuai, pada waktu yang tepat. Artinya bicara secara langsung dengan customer, identifikasi target market customer Anda, buat personal link dan networking, arahkan customer ke arah proses pengambilan keputusan untuk pembelian.